Selasa, 22 Juli 2008

BILL GATES: SEBUAH HIDUP YANG KAYA







Maniak teknologi, wirausahawan, pelopor teknologi, taipan, filantrop dan masih banyak lagi julukan buat Gates.


Tak pelak, warisan Bill Gates akan menjadi salah satu yang paling mengesankan di antara yang diturunkan para pemimpin bisnis Amerika dalam seabad terakhir. Businessweek.com menelusuri kisah hidup dan sepak terjangnya bersama sebuah perusahaan bernama Microsoft.

MASA KANAK-KANAK

28 Oktober 1955 William Henry Gates III dilahirkan dalam sebuah keluarga kaya di Seattle. Putra pengacara terkenal ini masuk sekolah bergengsi, lakeside School. SMU ini menyediakan komputer model lama, yang membantu memicu minat gates terhadap mesin yang akan mempopulerkan namanya dan membuatnya menjadi miliarder.

HARVARD

Musim Gugur 1973 Gates masuk Harvard College, mengincar gelar di bidang ilmu komputer. Mahasiswa canggung dan serius ini banyak menghabiskan waktu luangnya main poker dan mengerjakan bahasa pemrograman BASIC. Karena tak sabar dan melihat peluang di bisnis personal computer, ia berhenti kuliah pada tahun pertama untuk mendirikan perusahaan pernagkat lunak kmputer bersama temannya, paul Allen di Albuquerque (New Mexico).

MICROSOFT LAHIR

4 April 1975 Gates dan Allen pindah ke Albuquerque, lokasi kantor pusat satu-satunya klien mereka. Mereka membuat Altair Basic untuk Altair 8800 kit, sebuah “komputer mini” yang ditujukan bagi mereka yang hobi komputer. Altair Basic adalah versi final bahasa pemrograman BASIC yang mulai dikembangkan Gates semasa sekolah.

Februari 1877 Gates dan Allen secara resmi mendirikan Microsoft, di mana Gates memiliki saham 64% dan Allen 36%. Enam tahun kemudian, pada 1981. Microsoft meluncurkan sistem operasional besar pertamanya, MS-DOS.

KESEPAKATAN IBM

Agustus 1981 Meski pers sangat gencar mengulas sepak terjang IBM yang akan mengeluarkan PC, mereka tak banyak menekankan bagian sejarah teknologi yang tidak kalah penting. Microsoft akan mengisi komputer-kopmuter itu dengan versi adaptasi sistem operasi DOS dan bahasa pemrograman BASIC. DOS pun menjadi standar industri.

1986 Sistem operasi itu telah dipakai 58% dari 7,1juta PC yang dijual di AS. Pada tahun yang sama, dengan lebih dari separuh pendapatan berasal dari DOS, Microsoft membukukan pendapatan tahunan hampir $1Miliar. Mereka go public pada Maret tahun itu dan mengantongi dana $61juta.

WINDOWS PERTAMA

November 1985 Setelah beberapa tahun pengembangan, dan hampir dua tahun tertunda, Microsoft mengirim sebuah versi ritel program Windows pertama senilai $99 untuk PC-PC yang kompatibel dengan IBM pada para klien. Sambutan terhadap program yang pada mulanya disebut Interface Manager itu biasa-biasa saja. Para reviewer menyebut program itu “sangat lambat”. Mereka mengeluh sistem operasi itu terlalu banyak makan daya komputasi dan tidak sebanding dengan kemudahan yang ditawarkan sistem operasi Apple Macintosh.

1991 Versi pertama Microsoft Office-kumpulan pernagkat lunak yang menggabungkan aplikasi-aplikasi populer Microsoft seperti Word dan Excel dalam satu produk-sebenarnya pertama kali dirilis untuk Macintosh pada 1989. kemudian paket itu baru dirilis untuk Windows pada 1991. Perangkat lunak tersebut segera menjadi yang terlaris dalam aktegorinya hingga kini. Pada 1996, Office telah dipakai 25 juta konsumen-menyalip semua pesaing dengan perbandingan hampir 6:1.

WINDOWS 3.1

6 April 1992 Microsoft merilis versi terbaru Windows, Windows 3.1. Dengan perbaikan besar-besran atas versinya, Windows 3.1. laris terjual dan sangat mendongkrak laba bersih Microsoft. Digabung dengan penjualan kuat dari versi terbaru Excel dan pertumbuhan di pasar PC, microsoft mengalami lonjakan pendapatan 55% dalam kuartal ketika prosuk itu dirilis.

ORANG TERKAYA DI AMERIKA

1992 Dengan kekayaan bersih senilai $6,3miliar, gates menduduki puncak daftar orang terkaya di Amerika dan menjadi orang orang termuda yang berprestasi setinggi itu (ketika itu usianya baru 36 tahun) baru-baru ini saja dia terselip Warren Buffet.

DENTANG LONCENG PERNIKAHAN

1 Januari 1994 Di usia 38 tahun, Gates menikahi Melinda French-yang sudah lebih dari enam tahun menjadi kekasihnya-di lapangan golf Manele bay Hotel, Lanai Island, Hawaii. Steve Ballmer menjadi pendamping pria.

MICROSOFT MENEMUKAN INTERNET

Sejauh ini, Netscape menjadi piranti jelajah internet terdepan. Melihat pertumbuhan eksplosif internet, gates dan Microsoft memutuskan ikut terjun ke dalamnya. Pada mulanya, Internet explorer kalah bersaing dengan Netscape. Tetapi keadaan itu berubah dengan kian populernya Windows 95. Sistem operasi itu dilengkapi piranti jelajah tersebut dan dengan segera meraup pangsa pasar. Tak lama kemudian, mereka bisa menguasai pasar dan melibas Netscape.

MASALAH ANTIMONOPOLI

Dengan sukses luar biasa Windows dan Office, muncul protes atas model bisnis mereka yang anti persaingan. Era 1990-an mengawali periode dimana Microsoft berkali-kali berurusan dengan pemerintah AS.

Masalah berawal dengan investigasi antimonopoli oleh Federal Trade Commission (FTC) pada 1990. Setelah mandek di FTC, Departemen Kehakiman AS mengambil alih. Pada Juli 1994, Microsoft sepakat menyelesaikan kasus antimonopoli dan menandatangani keputusan persetujuan untuk mengubah cara melisensi Windows. Pada september 1996, Departemen Kehakiman kembali menyerang Microsoft. Mereka mengajukan gugatan melawan perusahaan itu karena makin banyak lagi praktek anti persaingan-kali ini terkait strategi Microsoft menggabung Internet Explorer dengan Windows 95.

Itu bukan akhir masalah antimonopoli, Departemen Kehakiman mengajukan gugatan antimonopoli yang lebih luas pada 1998. Pada November 1999, Hakim Distrik Thomas Penfield Jackson memutuskan perusahaan itu memegang kkekuatan monopoli atas sistem-sistem operasi PC. Akhirnya, setelah banding dan ligitasi lebih lanjut, tudingan ini dmentahkan pada 2002 oleh Hakim Collen Kollar-Kotelly, yang menolak banyak klaim.

BILL&MELINDA GATES FOUNDATION

Januari 2000 Keluarga gates mendirikan yayasan untuk memberikan dana pendidikan, pencegahan AIDS dan membantu memerangi penyakit dinegara-negara berkembang. Sejak didirikannya, yayasan tersebut telah mengeluarkan total bantuan $16,5 milliar untuk membantu meningkatkan kesehatan di negara-negara berkembang dan menaikkan tingkat kelulusan SMU di AS. Saat ini donasi yayasan itu senilai $37,3 milliar.

GATES LENGSER DARI KURSI CEO, MEMBUKA JALAN UNTUK BALLMER

13 Januari 2000 gates melepas pernannya sebagai CEO setelah 25 tahun memimpin perusahaan. Ia menyerahkan jabatan itu kepada Steve Ballmer, teman lamanya dan presiden perusahaan. Ia menyebut diri “chie software architect”-peran yang dimaksud untuk membantunya menggairahkan kembali unit pengembangan perangkat lunak Microsoft.

SIR BILL

Maret 2005 Di usia 48 tahun, Gates menerima gelar kesatria kehormatan dari Ratu Elizabeth II yang mengakui dampak perangkat lunak Microsoft dan upaya-upaya filantropi Gates untuk memerangi kemiskinan.

“LONGHORN” TERTUNDA, LALU TERTUNDA LAGI

Musim Gugur/Dingin 2005 Di bawah pimpinan gates sebagai Chief Software Architect, Microsoft gagal mempersembahkan karya besar berikutnya-sistem operasi dengan nama sandi “Longhorn”-tepat waktu. Program tersebut resmi diganti nama menjadi “Vista” dan kembali terlamat diluncurkan. Versi konsumennya memulai debut pada 30 Januari 2007 tapi mendapat penilaian buruk. Penjualan lebih seret dari perkiraan.

AKHIR DARI SUATU ERA

15 Juni 2006 Bill gates mengumumkan akan meninggalkan keterlibatan sehari-hari di Microsoft. Chief Technical Officer Ray Ozzie langsung mengambil alih posisi chie software architect.

HARI-HARI TERAKHIR

27 Juni 2008 Bill Gate menghabiskan hari-hari terakhirnya sebagai pegawai penuh waktu Microsoft, 33 tahun setelah turut mendirikan perusahaan itu bersama Paul Allen. Gates-yang berencana mengalikasikan satu hari dalam seminggu menggarap proyek-proyek Microsoft-akan menghabiskan sebagian besar waktunya bekerja untuk Bill&Melinda Gates Foundation.

Tidak ada komentar: