Selasa, 22 Juli 2008

PERUSAHAAN KECIL BERMEREK BESAR

Inilah kisah 10 perusahaan kecil (versi Businessweek) yang sukses melakukan terobosan. Perusahaan tersebut dengan melampaui ukuran perusahaan-dalam hal keteerkenalan dan penjualan-mengungkap strategi mereka.

BROOKLYN BREWERY

Brooklyn, New York

Karyawan:34

Penjualan :$18juta

Brooklyn Brewery tidak mencoba bersaing dengan raksasa bir dalam hal iklan. Pembuat bir ini memfokuskan pemasaran di sekitar acara-acara komunitas dan organosasi seni. “hal inibagi kami-dan banyaknya kesempatan mencicipi bir beremerk Brooklyn ‘B’ muncul dalam setiap event,” kata Steve Hindy,yang mendirikan perusahaan itu pada tahun 1987bersama Tom poter Hindy. Dalam buku mereka,Beer School,Hindy memerinci cara meyakinkan Milton Glaser-desainer legendaris yang merancang logo “I Love NY”-untuk menciptakan logo “B” yang kini terkenal.

CIAO BELLA

Irvington, New Jersey

Karyawan:150

Penjualan 2007:$15juta

Ciao Bella berdiri pada 1983 dan awalnya merupakan toko pembuat gelato di New York. Mereka lebih fokus sebagai pemasok restoran. Sekitar lima tahun lalu, Ciao Bella menggeser fokus ke konsumen, menggunakan distribusi eceran,kemasan warna-warni dan rasa baru yang bertujuan menonjolkan produk ini di rak-rak pengecer. Hal itu-bersamaan dengan popularitas penampilan di The Apprentice dan pujian dari Oprah-membantu mereka mendapatkan reputasi nasional.

CLIF BAR

Berkeley, california

Karyawan: 216

Penjualan 2007:$176juta

Makanan energi buatan Gary Erickson ini populer di kalangan pejalan kaki dan pengendara sepeda tidak lama setelah ia memperkenalkan produk di toko roti kecilnya di Emeryville (California) pada 1992. Lima tahun kemudian, ia mengubah nama perusahaannya menjadi Clif Bar&Co. dan memasarkan produk terkenal ini sebagai kudapan organik bagi orang-orangya aktif. Kini, baik Clif Bar maupun Luna Bar, produk yang ditujukan untuk para wanita, didistribusikan secara luas dan mempunyai daya tarik bagi konsumen di luar ceruk awal mereka.

JOHN FLUEVOG BOOT&SHOES

Voncuver, British Columbia

Karyawan:69

Penjualan 2007:lebih dari $10juta

Populer di antara konsumen muda dan hip di AS dan Kanada, John Fuevog Boots&Shoes adalah contoh merek yang tidak menganggap dirinya terlalu serius. Fluevog mendirikan perusahaan ini pada tahun 1970 sebagai alternatif terhadap pembuat sepatu lain yang lebih serius. Semangat eksentrik sang desainer mengilhami jajaran “sepatu aneh dan gila yang mampu menyebar pesannya sendiri,” ujar Direktur Pemasaran Stephen Bailey. Alas kaki funky ini dijual melaliu 10 toko Fluevog di AS dan Kanada,katalog,pengecer lain serta situs internetnya yang penuh sindiran.

METHOD

San Fransisco

Karyawan:150

Penjualan 2007:hampir $150juta

Didirikan pada 2000 oleh sepasang teman sejak kecil, Eric ryan dan Adam Lowry, Method membangun merek bahan pembersih rumah seiring peningkatan kepedulian konsumen akan produk “hijau”. Perusahaan ini lebih memilih bahan-bahan dari alam daripada zat sintetis. Method menggabungkan citra sadar lingkungan dengan kemasan yang cantik dan wewangian menarik untuk menciptakan merek produk rumah tangga premium yang kini dijual melalui pengecer nasional seperti Target, Costco serta Staples.

MOLESKINE

Milan, Italia

Karyawan:42

Penjualan 2007: 133juta ($185juta)

Penerbit Italia, Modo&Modo, membangkitkan kembali merek Moleskine pada 1998, lebih dari sepuluh tahun sejak pembuat buku tulis hitam kecil terkahir dari Pernacis ini gulung tikar. Merek itu dibangun berdasarkan klaim bahwa artis dan penulis papan atas seperti Van Gogh dan Hemingway mencoretkan karyanya dalam buku tulis dengan desain yang sama. Kini, Moleskine memasarkan buku catatan ini sebagai pendamping wajib bagi para pelancong dan calon seniman di manapun.

NAT SHERMAN

Fort Lee, New Jersey

Karyawan:sekitar 100

Penjualan 2007:data tidak tersedia

Nat Sherman membangun tempat bagi sebuah merek kecil dari perusahaan keluarga dalam industri yang didominasi para raksasa. Rokok, cerutu dan aksesori untuk perokok buatan mereka ditujukan bagi perokok yang mau membayar lebih atas tembakau bermutu tinggi. Bisnis keluarga geneerasi ketiga ini dimulai sebagai toko cerutu kecil beralamat di 1400 Broadway di distrik garmen manhattan pada 1930. “Produk kami telah dipasarkan di selruh AS dan 31 negara lain,” ujar Bill Sherman, cucu sang pendiri perusahaan yang juga menjadi nama perusahaan.

PINKBERRY

Los Angeles

Karyawan ;150 (tidak termasuk franchise)

Penjualan 2007: data tidak tersedia

Jaringan yogurt beku premium yang populer ini adalah merek yang berkembang pesat. Kni, jumlah lokasi franchise mereka telah mencapai 55 sejak didirikan pada 2005 oleh Shelly Hwang dan Young Lee. Kebanyakan dari gerai mereka terletak di daerah New York dan Los Angeles. Pinkberry mendapatkan dana ventura $27,5juta dari maveron,firma investasi yang didirikan Chairman Starbucks, Howard Schultz. Ini sekaligus memunculkan spekulasi bahwa jaringan tersebut bisa jadi akan menyebar ke berbagai negara sebagaimana raks sa warung kopi tersebut.

PIRATE’S BOOTY

Sea Cliff, New York

Karyawan:10

Penjualan 2007: lebih dari $50juta

Robert Ehrlich mendirikan perusahaan ini pada 1986 untuk membuat salad dressing. Tetapi, tidak lama kemudian, ia menemukan tambang emas di pasar makanan kudapan dengan merek Pirate’s Booty. Memposisikan diri sebagai kudapan sehat dan alami, makanan rasa keju ini menginspirasikan pendukung setia yang menyebarkan promosi dari mulut ke mulut dan liputan media. American Gourmet milik Ehrlich kini menawarkan jajaran kudapan dengan merek Booty (Barbecue Booty, Veggie Booty)

THE REPUBLIC OF TEA

Novato, California

Karyawan:100

Penjualan 2007: lebih dari $10juta

Pembuat the Repbulic of Tea memposisikan diri lebih kepada gaya hidup mewah dan bukan sekedar minuman. The dari perusahaan ini dikemas dalam wadah penuh hiasan dan dijual di pengecer makanan kelas atas. Republic of Tea menggunakan sebuah cerita ntk metode pemasaran. Dikisahkan bahwa para peminum the membentuk sebuah negara sendiri. Mereka juga mempunyai budaya korporasi yang khas dan menyebut konsumen sebagai “warga ngara”, karyawan sebagai “menteri” dan toko sebagai “kedutaan”.

Tidak ada komentar: